Musik Dangdut dari Masa ke Masa

Musik Dangdut merupakan salah satu musik khas Indonesia yang keberadaanya telah akrab di telinga dan hati penggemarnya. Bagaimana tidak dangdut memiliki tempatnya tersendiri di berbagai kalangan masyarakat. Namun tahukah Anda pada awal kemunculannya dangdut tidaklah sejaya saat ini.

Awal Munculnya Musik Dangdut

Pada awal kemunculannya dangdut dianggap sebagai musik rendahan, musik kampungan dan musik untuk kalangan kelas bawah. Namun setelah kerja keras para pendahulu musik dangdut, maka saat ini musik dangdut dapat disejajarkan dengan genre musik yang lain. Keberhasilan musik dangdut ini tidaklah lepas dari karakteristik musik dangdut intu sendiri.

Musik dangdut terkenal sangat terbuka dan dapat berkolaborasi dengan jenis musik lain dengan sangat baik, sehingga musik dangdut memiliki berbagai ragam warna dan jenis. Hal ini menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki oleh dangdut sehingga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Di sisi lain lirik lagu dangdut sangatlah merakyat. Seringkali menggunakan bahasa yang sederhana dan terkadang menyentuh hati. Lagu dangdut populer ataupun terbaru yang diciptakan oleh musisi dangdut, biasanya dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat pecinta musik dangdut itu sendiri.

Musisi dangdut juga memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dalam mempopulerkan musik dangdut. Tercatat beberapa generasi musisi yang telah mempopulerkan musik dangdut, diantaranya adalah pada era tahun 1970-an. Pada tahun ini, dapat disebut juga sebagai tahun kemunculan pertama kali musik dangdut. Di tahun ini musik dangdut belum sepopuler sekarang, keberadaannya kalah pamor dengan jenis musik lainnya yang telah terlebih dahulu disukai olah masyarakat seperti musik rock dan musik pop. Namun musisi dangdut tidaklah berkecil hati dan tetap terus berkarya diantaranya adalah A.Harris, Ellay, Hasna Tahar, Husein Bawafie dan Rhoma Irama.

Musik Dangdut Rhoma Irama

Kebangkitan Musik Dangdut

Pada era tahun 1970-1980, musik dangdut mulai meroket. Pencitraan terhadap musik yang satu ini mulai membaik dan mulai dapat diterima oleh masyarakat. Hal ini tidak lepas dari kerja keras para musisi dangdut pada saat itu, sebut saja Rhoma Irama yang terkenal dengan grup Sonetanya yang dapat memberikan warna baru bagi khasnah musik dangdut. Selain dari itu beberapa musisi lain pun turut meramaikan jagad dangdut seperti A. Rafiq, Noer Halimah, Rita Sugiarto, Elvie Sukaesih dan Camelia Malik.

Kemudian pada era tahun 1990-an, pada era ini musik dangdut mulai beragam dan melahirkan beberapa jenis musik baru. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa jenis musik lainnya sehingga memberi warna lain pada dangdut itu sendiri. Aliran-aliran baru pun mulai bermunculan, misalnya seperti dangdut reggae yang dipopulerkan oleh Rama Aiphama. Beberapa musisi tercatat mempopulerkan lagu dangdut di era ini seperti Mansyur S, Ikke Nurjannah, Iis Dahlia, Evi Tamala dan Imam S Arifin.

Di tahun 2000-an, telah bermunculan beragam jenis musik dangdut yang pada umumnya memiliki tempo musik yang cepat dan nge-beat seperti dangdut koplo dan dangdut remix. Aliran musik dangdut jenis ini dipopulerkan oleh beberapa musisi seperti Inul Daratista, Cita Citata, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik dan sederet artis lainnya.

Musik Dangdut Rhoma Irama
Musik Dangdut Rhoma Irama

Related Post to Musik Dangdut dari Masa ke Masa