Apa Itu Server Pulsa?

Masyarakat awam ataupun penjual pulsa eceran terkadang tidak mengetahui apa itu server pulsa. Jadi, server pulsa itu menyimpan potensi yang luar biasa besar, apalagi saat ini seakan-akan pulsa menjadi kebutuhan wajib. Pertumbuhan pengguna pulsa dari hari-ke hari. Jika dulu, pulsa hanya digunakan untuk panggilan dan sms, maka sekarang pulsa sedikit bergeser untuk mengakses data. Lebih-lebih sejak menjamurnya ponsel pintar berotak Android.

apa itu server pulsa

Siapa saja yang menggunakan pulsa? Anak-anak? Iya. Siswa-siswi sekolah? Pasti. Karyawan, pengusaha? Jelas. Jadi pulsa memang menjadi kebutuhan pokok masyarakat, seperti layaknya nasi.

Nah, tidak ada salahnya jika kita mengulas sedikit apa itu server pulsa. Sekedar untuk menambah pengetahuan saja.

Jadi, saya mengambil informasi dari sumber terpercaya Jasa Server Pulsa. Disana dijelaskan bahwa server pulsa merupakan suatu sistem dalam perangkat komputeryang terdiri atas  software pulsa dihubungkan  dengan modem berisi  chip produk komunikasi dari beberapa operator misalkan: M-KIOS, DOMPUL,MTRONIK, VTRI, dan FLEXI atau produk lainnya.

Prinsip dari dibuatnya sebuah sistem server pulsa adalah memudahkan penjual pulsa dalam melayani pembeli, karena tidak perlu membutuhkan banyak chip kartu, cukup satu kartu saja untuk semua all operator. Mari kita coba mengamati contoh kasus dalam  sistem penjualan pulsa jika menggunakan chip per operator dan dibandingkan dengan pulsa all operator.

Kasus A:

Adi membuka usaha konter pulsa. Dirinya menjual pulsa semua produk dengan membeli modal dari operator langsung. Jadi dia membeli produk TELKOMSEL menggunakan chip MKIOS. Menjual produk Indosat dengan menggunakan chip INDOSAT MOBO, menjual produk XL dengan menggunakan chip Dompet Pulsa. Adi harus menyiapkan setidaknya 5 HP untuk memasang chip tersebut.

HP 1: MKIOS

HP 2: Mtronik

HP 3: Dompul

HP 4: Vtri

HP 5 CDMA: Smartfreen

Adi kesulitan jika ada pembeli ingin membeli voucher game, token PLN atau paket internet Bold.

Dari situ, terlihat betapa ribet dan susahnya jika menjual pulsa seperti Adi, menggunakan chip per operator.

 

Kasus B:

Doni membuka usaha penjualan pulsa. Sebagai modal, dia melakukan deposit pulsa sebesar Rp 500.000 ke server pulsa X.  Dari saldo sebesar 500.000, Doni bisa melayani pembeli yang akan mengisi produk apapun, dan tentu saja saldo Doni akan berkurang sesuai harga produk yang diisikan. Jika saldo habis, maka Doni  tinggal deposit lagi. Sementara untuk media tranksasi, Doni bisa menggunakan aplikasi Android, BBM dan Telegram.

Adi merasakan ribetnya menjual pulsa dengan sistem per operator, dan Doni tidak ada kendala dalam menjual pulsa all operator.

Jadi, apa itu server pulsa? Server pulsa itu menggabungkan pulsa per operator untuk bisa diakses dengan menggunakan satu nomor identitas saja. Bagaimana? Masih pensarana apa itu server pulsa?

Baca juga alat-alat untuk membuat server pulsa.

Banner 3
Banner 3
Server Pulsa 2
Server Pulsa 2

Related Post to Apa Itu Server Pulsa?