10 Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Pasangan suami istri pasti mendambakan hadirnya buah hati mereka, karena dengan hadirnya buah hati, hidup sebuah keluarga akan semakin bahagia dan lengkap. Setelah melewati 9 bulan masa kehamilan dengan bahagia, kini saatnya mendengarkan tangisan si buah hati yang paling di tunggu-tunggu setiap pasangan.

Ketika si buah hati tersebut sudah lahir, tugas kita akan semakin berat, salah satunya tetap menjaga berat badan si buah hati anda. Setiap orang tua tentu tidak ingin melihat buah hatinya memiliki badan yang kurus atau berat badan yang tidak ideal.

RUMUS MENGHITUNG BERAT BADAN BAYI

Kami definisikan umur si buah hati sekitar 1-12 bulan, jika berdasar WHO maka berat badan ideal 3 bulan adalah sekitar 5,1 kg sampai 8,0 kg, untuk lebih lengkapnya kami akan memberikan penjelasannya.

-Untuk usia 1-6 bulan.

  • Berat badan lahir(dalam gram)+(usia x 600 gram). 

Untuk berat badan si buah hati usia 7 sampai 12 bulan, menggunakan 2 rumus sebagai berikut:

  • (Usia/2)+3 (satuan hasil dalam 3 kg)
  • Berat badan lahir (dalam gram)=(usia x 500gr)

CONTOH:

si buah hati bu sinta usia 4 bulan dan mempuyai berat badan 6000 gram. Ketika lahir buah hati bu sinta mempuyai berat 3900.

JAWABAN

Berat badan ideal= 3900+(4×600 gram) = 3900+2400= 6300 gram= 6,3 kg

Dengan demikian berat badan si buah hati bu sita belum ideal, sehingga perlu di perhatikan gizinya.

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi Yang Aman

makanan penambah berat badan bayi

Sebagai orang tua pasti kalian tidak ingin melihat buah hatinya menderita, terutama tentang kesehatan. Berat badan merupakan cerminan kesehatan si buah hati, selain indikator untuk melihat kapan si buah hati mulai bersuara, menggerakan badan, dan lain-lain.

Agar dapat mencapai berat badan ideal, maka harus menambah asupan gizi secara teratur. Coba untuk berikan makan baru bagi si buah hati setiap minggunya, tetapi harus di ingat jangan berikan makanan padat seperti bubur, karena makanan padat, hanya untuk yang berusia di atas 7 bulan. Jangan pernah sekali-kali kalian berikan bubur pada usia dini, karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

  • ASI.

ASI adalah makanan penambah berat badan bayi yang utama, terutama bagi buah hati yang usianya di bawah 6 bulan. Di Indonesia sedang di galakan program ASI eksklusif yaitu pemberian ASI untuk si buah hati sampai umur 2 tahun. Kandungan ASI yang begitu lengkap dan kaya akan nutrisinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati anda yang usianya di bawah 6 bulan. Maka berikan ASI kepada buah hati anda sampai kenyang, bagaimana untuk mengetahui jika sudah kenyang, yaitu dengan cara si si buah hati akan tertidur sendiri ketika sedang menyusu.

  • Susu formula.

Ketika umur sudah di atas 6 bulan, maka berikan susu formula sebagai tambahan makanan, agar si buah hati tidak selalu bergantung pada ASI. Untuk para ibu jika ASI nya tidak bisa keluar bisa di ganti dengan susu formula yang tepat.

  • Buah pisang.

Buah pisang, bisa anda berikan pada buah hati ketika usia 6 bulan keatas, makanan ini kaya akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan mempunyai kalori yang padat. Ketika usia 6-8 bulan bisa di berikan pisang dalam bentuk bubur, ketika sudah berusia di atas 8 bulan bisa di berikan dalam bentuk buah pisang, berikan buah pisang 1 potong atau setengah potong setiap harinya.

  • Buah alpukat.

Alpukat tidak hanya di kenal sebagai sumber lemak baik untuk tubuh, tetapi juga baik untuk dijadikan makanan penambah berat badan bayi. Alpukat hanya boleh di berikan pada si buah hati yang usianya di atas 6 bulan, selain kaya akan serat buah ini juga rendah lemak jenuh. Campurkan alpukat dengan susu atau tidak pakai susu ( sesuai selera). Saat si buah hati menginjak umur 1 tahun bisa di berikan dalam bentuk milkshake atau smoothies.

  • Buah pir.

Buah pir bisa dijadikan makan padat yang dapat di konsumsi si buah hati untuk menambah berat badan si buah hati. Buah ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, vitamin C, vitamin B6, dan sumber serat yang baik untuk si buah hati. Bisa di berikan dalam bentuk pancake ketika sudah 1 tahun.

  • Daging ayam.

Daging ayam memiliki banyak niasin, magnesium, vitamin B6, vitamin B12, dan mengandung protein dan kolestrol baik yang berguna untuk menambah berat badan si buah hati. Untuk usia dini bisa di berikan dalam bentuk kuah kaldu.

  • Telur.

Berikan telur ke pada si buah hati ketika berumur 8 bulan ke atas, di dalam putih telor banyak mengandung protein sedangkan di kuningnya mengandung kolestrol. Tetapi berhati-hatilah jika si buah hati mempuyai alergi, karena ada beberapa anak yang alergi pada telur. Telur bisa di sajikan dalam bentuk orak arik, telur rebus, dan di goreng.

  • Kentang.

Kentang juga memiliki karbohidrat yang tinggi di samping nasi, dengan memberikan kentang bisa menambah berat badan si buah hati, tetapi harus dengan takaran yang sesuai, jangan berlebihan jika tidak mau si buah hati kegemukan.

  • Keju.

Memang jarang di Indonesia memberikan keju pada si buah hati, tetapi harus kalian ketahui bahwa keju bisa menambah berat badan, dan harus di berikan ketika usia 8 bulan ke atas. Keju memiliki fosfor, kalsium, dan selenium yang tinggi, sehingga cocok untuk membuat si buah hati memiliki berat badan ideal.

  • Ubi manis.

Ubi manis kaya akan gula dan beta karoten, serat tinggi, vitamin A, vitamin C, potassium, dan lemak jenuh yang rendah. Sehingga cocok untuk menambah berat badan si buah hati dalam bentuk yang sudah di kukus atau di hancurkan.

Setelah membaca artikel di atas, tidak susah bukan untuk mencari makan yang bisa membuat buah hati anda memiliki berat badan yang ideal. Demikian beberapa makanan yang bisa menambah berat badan buah hati anda, semoga sukses dan kami ucapkan banyak terima kasih atas waktunya.

Incoming search terms:

  • makanan bayi 7 bulan penambah berat badan
Baby 772441 640
Baby 772441 640
Cooking 775503 640
Cooking 775503 640

Related Post to 10 Makanan Penambah Berat Badan Bayi